Meski Gagal Panen dan Utang KUR, Petani Dukung Penutupan Air Irigasi Mbay, Ini Harapan Petani.

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – 15 Mei 2023.
Langkah Pemerintah Kabupaten Nagekeo, propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan penutupan total aliran air di Irigasi teknis Persawahan Mbay mendulang dukungan para Petani sawah di desa Marapokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.

Beberapa Petani di wilayah desa Marapokot yang dijumpai FAKTAHUKUMNTT.COM, mengaku sepakat dengan kebijakan yang diambil pemerintah Daerah kabupaten Nagekeo.

“Kami setuju dengan program penutupan air. Ini lebih baik karena tiap kali panen hasil panen kami kurang. kami sudah rugi biaya traktor, pupuk obat dan alat panen, angkanya jutaan semua, baru hasil tidak ada. min banyak kita. Mungkin dengan tutup air hasilnya lebih baik”, ujar Yohanes Wonda, salah satu Petani di desa Marapokot kepada FAKTAHUKUMNTT.COM, Senin 15 Mei 2023.

Antonia, Petani lainnya yang dijumpai media ini, menyampaikan hal senada. Ia mengaku hasil panen mereka menurun drastis menjelang penutupan air di irigasi Mbay karena diserang hama dan penyakit. Namun mereka sangat mendukung penutupan air irigasi Mbay.

“Kami kali ini panen hanya 7 karung saja, sebelumnya bisa 50 hingga 60 karung. Kali ini kami pengaruh kena tungro (hama dan penyakit, red). kami setuju dengan program tutup air ini. Ini program pemerintah, kami masyarakat dukung untuk kebaikan kami. Siapa tahun kedepannya setelah tutup air hasil lebih bagus lagi”, ungkapnya, sembari menuai padi sisa karena gagal panen akibat serangan hama.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.