Dukung Program Tutup Air dan Harapan Petani Kepada Pemerintah

Wilibrodus mengungkapkan bahwa sebagai petani mereka sangat mendukung program pemerintah kabupaten Nagekeo, NTT melakukan penutupan air di irigasi Mbay dalam rangka rehabilitasi bendungan dan perbaikan saluran irigasi teknis persawahan Mbay.

Menurutnya, program penutupan air semestinya menjadi agenda rutin pemerintah setiap tahun. Namun program penutupan air  harus dijadwalkan pada musim yang tepat (tutup di bulan april atau Mei) supaya masyarakat bisa merotasi pola tanam dari tanaman padi ke palawija atau Hortikultura.

“Harapan kami tiap tahun harus tutup air, tapi harus di bulan April atau Mei supaya kita bisa tanam palawija. pengalaman kita disini kalau tutup air di bulan April atau Mei itu hasilnya bagus (tanam palawija,red)“, jelasnya.

Berdasarkan pengalaman petani produktivitas padi mereka meningkat drastis pasca penutupan air di saluran irigasi teknis Mbay.

“pengalaman kami kalau habis tutup air biasanya hasil bagus. Bisa sampai 70, 80 karung”, ujarnya.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.