Nagekeo Waspada, BMKG Deteksi 3 Bibit Siklon Tropis di Sekitar Wilayah Indonesia.

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – 6 Februari 2023.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan 3 bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah daerah selama sepekan kedepan (6-12 Februari 2023).

Dikutip dari siaran pers, BMKG, Mingu, 5 Februari 2022. Deputi Meteorologi, Guswanto menerangkan, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi SIAGA potensi dampak hujan lebat periode tanggal 6 – 7 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.

Khusus Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), kata Guswanto, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi WASPADA dan SIAGA potensi dampak hujan lebat periode tanggal 6 – 7 Februari 2023.

Sebagian wilayah NTT yang berstatus SIAGA adalah Sumba Barat, Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Barat dan Sumba Barat Daya. Sedangkan wilayah NTT yang berstatus WASPADA adalah Sumba Tengah, Ende, Nagekeo, Manggarai Timur, Kota Kupang, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Belu, Kupang, Timor Tengah Utara, Alor, Rote Ndao, Malaka, Flores Timur dan Sumba Timur.

“Kemunculan tiga bibit siklon ini juga berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia pada 6 – 12 Februari 2023 dengan tinggi gelombang bervariasi mulai dari 1,25 – 6 meter,” ujarnya.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.