Hama Ulat Mulai Serang Tanaman Padi Petani Irigasi Mbay. 

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – 4 April 2024.
Petani sawah irigasi Mbay di KM 2.4 Kanan, Desa Marapokot, Kecamatan Aesesa, kabupaten Nagekeo mengeluhkan serangan hama ulat yang mulai menyerang tanaman padi mereka.

Serangan hama ulat ini kemungkinan susah untuk dikendalikan akibat fenomena cuaca ekstrem berupa curah hujan berkepanjangan yang terus mengguyur wilayah Mbay dan sekitarnya.

Anselmus Daga, salah seorang Petani, di wilayah Perhimpunan Petani Pemakai Air (P3A), KM 2.4 Kanan Desa Marapokot mengaku resah dengan potensi serangan hama ulat di sawah miliknya.

” Hama ulat banyak sekali, Kami bingung. Kita mau semprot pakai obat hama, sama saja, tidak ada gunanya karena sekarang hujan terus”, Keluhannya, saat ditemui media ini, Kamis, 4 April 2023.

Petani lainnya adalah Geby Basa. Ia juga mengeluhkan hal senada bahwa tanaman padi miliknya juga diserang hama ulat.

Geby mengaku akibat serangan hama ulat, warna daun tanaman padi berubah dan kondisi tanaman menjadi kerdil.

Meski demikian, Ia tetap berupaya melakukan pengendalian menggunakan pestisida kimia untuk menekan serangan hama ulat.

“Rata-rata semua ada serangan hama ulat. Ulatnya besar-besar. Padi daun jadi merah dan kerdil. Saya atasi dengan semprot obat ulat”, Jelas Geby, juga merupakan salah seorang petani di wilayah P3A KM 2.4 Kanan, Desa Marapokot. (TENDA)

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.