Ternyata Ini Tujuan TB Pelangi bersama Pemkab Hadirkan 56 Perpustakaan SD di Nagekeo

Dibaca 573 kali Reporter : Petrus verified
TB Pelangi

TB Pelangi bersama Pemkab Nagekeo resmikan 56 perpustakaan di kabupaten Nagekeo. (Foto:TB Pelangi).

Ternyata Ini Tujuan TB Pelangi bersama Pemkab Hadirkan 56 Perpustakaan SD di Nagekeo. 

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – 27 September 2022.

Taman Bacaan (TB) Pelangi menjalin kerja sama multi pihak dengan Room to Read, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo, 56 Sekolah Dasar (SD) , dan orang tua siswa.

Kerjasama ini berhasil mewujudkan 56 perpustakaan ramah anak pada sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

TB Pelangi
Foto: Tamang Baca (TB) Pelangi.

56 perpustakaan ramah anak di Nagekeo rencananya akan diresmikan dalam kurun waktu dua minggu mulai dari 19 September 2022 hingga 5 Oktober 2022.

Dengan hadirnya perpustakaan-perpustakaan tersebut, Sebanyak 6.300 anak di Kabupaten Nagekeo kini bisa menikmati perpustakaan ramah anak baru di sekolah mereka.

Baca Juga :  Kinerja Polres Nagekeo Tangani Kasus Dugaan Pengeroyokan di Kajulaki Diapresiasi

Keberhasilan TB Pelangi meresmikan ke-56 perpustakaan berkonsep ramah anak ini merupakan buah kerja sama multi pihak.

Dimana Room to Read, Pemerintah Kabupaten Nagekeo, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pihak sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat desa, memberikan kontribusi finansial demi terciptanya perpustakaan ramah anak.

Selain pendirian perpustakaan di sekolah-sekolah, sebanyak 567 guru maupun kepala sekolah di 56 sekolah dasar tersebut juga mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang sistem pengelolaan perpustakaan dan berbagai program literasi pengembangan kebiasaan membaca anak.

Baca Juga :  Kota Rasa Kampung, Pemda Nagekeo Bertanggungjawab Terhadap Kebersihan Pasar Danga

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, dalam Konfrensi pers yang digelar oleh TB Pelangi secara virtual, Selasa 27 September 2022, menjelaskan bahwa Perpustakaan ramah anak sangat penting.

Ia mengemukakan bahwa pendidikan adalah salah satu prioritas tertinggi Pemkab Nagekeo, maka keberadaan perpustakaan sangat penting dan bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta masa depan anak.

“Pendidikan adalah salah satu prioritas tertinggi Kabupaten Nagekeo. Pemerintah Kabupaten
Nagekeo berterima kasih atas kontribusi dan kepedulian Taman Bacaan Pelangi dan Room to
Read terhadap peningkatan minat baca anak-anak di daerah ini”, ucapnya.

Baca Juga :  Damai Tidak Libatkan Keluarga, Isteri Korban Pengeroyokan di Nagekeo Keberatan

“Keberadaan perpustakaan ramah anak akan berdampak positif terhadap kemampuan literasi anak-anak di Nagekeo. Kami juga mengapresiasi pihak sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat desa atas kerja samanya yang luar biasa. Semua ini kita lakukan demi peningkatan kualitas pendidikan anak-anak dan masa depan mereka,” kata Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Don, M.Kes. pada acara Konferensi Pers tersebut.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment