Terkait TK Stella Maris, DPRD Nagekeo Minta Pihak Sekolah Buat Proposal

Dibaca 517 kali Reporter : Petrus verified
DPRD Nagekeo

Sekolah TK Stella Maris Marapokot

Terkait TK Stella Maris, DPRD Nagekeo Minta Pihak Sekolah Buat Proposal.

Nagekeo, Faktahukumnnt.com – Kamis, 15 September 2021.

Lembaga DPRD Nagekeo melalui Ketua komisi III DPRD kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Antoninus Moti, menyampaikan tanggapan tekait kondisi gedung sekolah TK Stella Maris Marapokot yang hingga kini belum direnovasi.

TK Stella Maris
Kondisi pintu masuk menuju salah satu ruang belajar TK Stella Maris, lantai mulai tercecer.

Seperti yang telah diberitakan media Faktahukumnnt.com sebelumnya, kondisi gedung sekolah TK Stella Maris saat ini sangat memprihatinkan.

Kondisi dinding sekolah telah lapuk, lantainya telah tercecer dan tiang beton telah lapuk.

Pihak sekolah kewalahan dalam merenovasi gedung sekolah yang usianya hampir mencapai 1/4 abad tersebut.

TK Stella Maris
Tiang Beton talah keropos dan pelupuh mulai rapuh.

Lantaran demikian, pihak sekolah mengharapkan bantuan pemerintah untuk turut membantu merenovasi gedung sekolah TK Stella Maris.

Antoninus Moti, Ketua Komisi III DPRD Nagekeo, yang juga membidangi Pendidikan dan kebudayaan berpendapat bahwa memperoleh pendidikan yang layak adalah hak anak bangsa dan pemerintah wajib mendukung dan memenuhinya.

Terkait kondisi sekolah TK Stella Marapokot yang memperihatinkan itu, Politisasi Golkar tersebut, menyarankan agar pihak sekolah mengajukan proposal permohonan bantuan dana kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Nagekeo.

Baca Juga :  Plan Indonesia Rencanakan Desa Marapokot dan Nangadhero Jadi Model Desa Tangguh Bencana
DPRD Nagekeo
Ketua Komisi III DPRD Nagekeo, Antonius Moti.

Lembaga DPRD Nagekeo, melalui kebijakan anggaran siap mendukungnya jika diusulkan oleh Pemda Nagekeo.

“Sebenarnya urusan pendidikan di TK itu  adalah kewenangan Desa yang bisa diintervensi melaui APBDes. Tetapi dengan kondisi ini, saya pikir Pemerintah Daerah juga wajib memperhatikan, karena ini urusan pendidikan, hak dasar warga negara yang harus diperhatikan. Pemda wajib memperhatikan urusan pendidikan ini meski kewenangannya ada di Desa.” Jelas Anton Moti, ketika dimintai pendapatnya, Selasa (14/09/2021) siang.

“Kami dari Lembaga DPRD menyarankan kepada Yayasan atau komite bisa mengajukan proposal ke Pemerintah Daerah supaya bisa membantu dari pos pembiayaan bantuan keuangan, atau hibah. Cara ini bisa membantu TK Stella Maris Marapokot. ” Jelasnya.

Antoninus mengungkapkan bahwa,  setuasi pandemi covid-19 saat ini, mengharuskan anggaran pemerintah desa difokuskan untuk menangani pandemi.

Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah desa terkait alokasi dana desa terhadap untuk kebutuhan infrastruktur.

Baca Juga :  Pemda Nagekeo Siap Bantu Perbaiki Gedung TK Stella Maris, Ini Syaratnya

Alokasi dana desa untuk kebutuhan infrastruktur hampir tidak ada lagi karena lebih diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bagi masyarakat.

Menurut Antoninus, Pemda perlu membantu dan mengintervensi terkait keluhan insfrastruktur pendidikan,  seperti yang dikeluhkan TK Stella Maris Marapokot melalui kebutuhan dana hibah atau saluran sejenisnya.

“Saya pikir pemerintah daerah perlu memperhatikan ini. Dari sisi fungsi anggaran kami dari Lembaga DPRD mendukung, kalau memang secara regulasi, mekanisme proses itu berjalan dengan baik. ” Ujar Ketua Komisi III DPRD Nagekeo.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Marapokot, Petrus Canisius Reta, ketika ditemaui media ini, menjelaskan bahwa pemerintah desa telah berupaya membantu lembaga TK Stella Maris sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Kata Kades, saat ini, seluruh anggaran dana desa Marapokot difokuskan untuk penanganan pandemi termasuk alokasi BLT DD bagi masyarakat. Semua belanja desa berhubungan dengan pekerjaan fisik ditiadakan.

Baca Juga :  Bobol di Menit ke 2, Indonesia Kelimpungan Lawan Thailand, Mukjizat Leg II Menunggu

Petrus berharap, Jika pemerintah lebih tinggi memiliki cela anggaran yang dapat digunakan untuk mengintervensi kebutuhan pembangunan di desa, Seperti pembangunan sarana prasarana  pendidikan, kiranya bisa membantu menangani persolaan renovasi gedung sekolah TK Stella Maris Marapokot.

“Kami Pemerintah desa, sudah berusaha membantu terkait infrastruktur sekolah TK Stella Maris. Kemarin kita sudah bangun 2 ruangan. Kita di desa juga kebutuhan prioritas pembangunan untuk kebutuhan desa ada banyak. Kita berharap, sekiranya ada anggaran di pemerintah daerah, bisa bantu kita yang di desa. Untuk tahun ini, semua anggaran dana desa kita plotkan untuk BLT bagi masyarakat. Kita tidak ada realisasi kebutuhan fisik. Harapan kami dari pemerintah desa demikian, kalau pemerintah yang lebih tinggi ada celah anggaran, bisa turut membantu mengatasi persoalan kebutuhan infrastruktur di TK Stella Maris Marapokot. ” Demikian ungkap Kades Marapokot yang dikutip Faktahukumnn.com, Rabu (15/09) malam.

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment