Dinas P&K Gelar Lomba Literasi, Bupati Nagekeo: 2045 Kita Menjadi Negara Besar di Dunia

Dibaca 301 kali Reporter : Petrus verified
Literasi

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do,ketika memberikan sambutan dalam kegiatan pembukaan Lomba Literasi dasar baca dan tulis tingkat kabupaten Nagekeo. (Foto:Humas Pemda Nagekeo).

Dinas P&K Gelar Lomba Literasi, Bupati Nagekeo: 2045 Kita Menjadi Negara Besar di Dunia.

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – 28 April 2020.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Nagekeo Gelar Lomba Literasi Dasar Baca Tulis. Lomba Literasi Baca Tulis tersebut diselenggarakan dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022.,Giat tersebut dilaksanakan di Aula Setda Nagekeo, Rabu, 27 April 2022.

Kepala Dinas P&K Kabupaten Nagekeo, Venantius Minggu, S.Pd  dalam laporan panitia mengatakan bahwa Kabupaten Nagekeo telah mendeklarasikan diri sebagai salah satu kabupaten literasi  sejak tahun 2019. Dinas P&K Kabupaten Nagekeo mendukung penuh dan berpartisipasi aktif pada kegiatan festival literasi saat itu melalui aneka hiburan dan festival seni budaya oleh kelompok sanggar seni budaya.

Dalam rangka memeriahkan dan menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 dengan tema “Pemerataan Pendidikan sebagai gerbang awal merdeka belajar”, Dinas P&K Kabupaten Nagekeo menyelenggarakan kegiatan lomba literasi dasar untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga :  Siklon Tropis Seroja Bedampak Pada 8 Wilayah di NTT, 8.000 Warga Mengungsi

Lomba literasi dasar merupakan suatu bentuk kegiatan edukatif yang menyajikan karya membaca puisi dan menulis cerpen sebagai upaya mempublikasikan dan melestarikan literatur serta nilai budaya daerah sebagai identitas diri melalui literasi peserta didik dapat mengembangkan sikap toleransi, kreativitas, berkarakter, menyalurkan minat bakat serta meningkatkan kemampuan intelektual, imajinasi, ekspresi dan skills.

Untuk meningkatkan budaya literasi baca tulis, Dinas P&K berkolaborasi dan bekerjasama dengan mitra NGO untuk terus memotivasi sekolah agar gerakan literasi sekolah bisa berkembang dan mengalami kemajuan.

Baca Juga :  Plan Indonesia Rencanakan Desa Marapokot dan Nangadhero Jadi Model Desa Tangguh Bencana

Kegiatan lomba literasi dasar Tahun 2022 merupakan kegiatan perdana yang digelar Dinas P&K dengan melibatkan 177 lembaga pendidikan sekolah dasar dengan pelaksanaan lomba dimulai dari tingkat gugus,  tingkat kecamatan dan hari ini tingkat kabupaten dengan mengusung tema”  Bangun Nagekeo dengan Literasi”.

“Dengan berliterasi baca tulis kita harapkan peserta didik dapat tumbuh menjadi orang dewasa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS) kemampuan untuk melakukan pemahaman strategis pemecahan masalah dan pemikiran kritis” Ungkap Kepala Dinas P&K Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga :  Peduli Covid-19, Pramuka Kwarcab Nagekeo Gelar Aksi Sosial

Comment