Lestarikan Budaya Leluhur, Suku Kawa di Nagekeo Gelar Ritual Kose atau Bakar Nasi Bambu

Dibaca 621 kali Reporter : Petrus verified
Bakar Nasi Bambu

Suku Kawa gelar acara Bakar nasi bambu (Kose).

Lestarikan Budaya Leluhur, Suku Kawa di Nagekeo Gelar Ritual Kose atau Bakar Nasi Bambu. 

FAKTAHUKUMNTT.COM, NAGEKEO – Sabtu 20 Agustus 2022.
Masyarakat adat Suku Kawa, desa Labolewa, kecamatan Aesesa, kabupaten Nagekeo, propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Menggelar ritual Kose atau bakar Nasi Bambu sebagai upaya melestarikan budaya leluhurnya.

Ritual Kose atau bakar nasi bambu dilaksanakan oleh masyarakat adat Suku Kawa, tepat di pelataran rumah adat Suku Kawa, sabtu 20 Agustus 2022 malam.

Ferdinandus Dhosa, salah satu tokoh muda masyarakat adat Kawa, Dari Sa’o ( Rumah Adat) Suku Ribu Rato kepada FAKTAHUKUMNTT.COM menjelaskan bahwa ritual adat bakar nasi bambu (Kose) merupakan acara syukur panen.

Baca Juga :  Kader Muda Dominasi Pil BPD Desa Marapokot

Acara Kose atau tradisi bakar nasi bambu digelar masyarakat adat Suku Kawa dengan tujuan untuk mempersembahkan segala hasil panen mereka kepada leluhurnya sebagai rasa syukur mereka atas hasil usaha dan rejeki sudah mereka peroleh.

“Kami ada 14 Rumah adat dari 5 Suku. Pada acara bakar nasi bambu seperti ini, semua anggota suku berkumpul di masing-masing rumah adat seperti ini, termasuk mereka yang sudah nuka Sa’o  (wanita Suku Kawa yang sudah di pinang oleh laki-laki dari luar suku kawa)”, ungkap Ferdyn.

Baca Juga :  5 Rumah dan 3 Unit Penggilingan Padi di Desa Marapokot Terendam  Air
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment